Dokter

Stretch Mark bisa hilang?

Strecth Mark tidak mengganggu kesehatan, tetapi mengganggu pandangan. Kira-kira demikian.Bahkan bisa mengganggu percaya diri bunda bunda sekalian.

Semoga, diakhir artikel berubah menjadi kebanggaan (karena tidak berbahaya untuk kesehatan) malah menjadi penanda kesuburan pernah melahirkan. Dan bukan hal memalukan. Go stretchmark Go!

Stretchmark atau garis garis yang muncul setelah melahirkan, berwarna merah atau ungu, pada perut, payudara, lengan, pantat, dan paha lama kelamaan menjadi abu abu atau putih. Mulai muncul dipertengahan kehamilan sampai setelah melahirkan. Dan….. tidak bisa dihilangkan hanya bisa disamarkan (sedikit). 

Iklan-iklan yang mengatakan bisa menghilangkan, hanya akan menguras dana anda. Hehehehe. Buat saya stretchmark itu sexy.


Penyebab

Yang menganggap stretchmark adalah buah kemalasan (kurang mandi, kurang bersih dan kurang berolahraga) berarti beliau kurang cerdas dan malas membaca. 

Strecthmark ditimbulkan oleh cortisone, yang dihasilkan kelenjar adrenal. Cortisone ini yang melemahkan kolagen kulit. Stretchmark muncul berbarengan dengan beberapa kondisi:

  1. Hamil
  2. Berat badan naik
  3. Pemakaian obat (kortikosteroid >> cek krim kecantikanmu, tanya ke dokternya ada kortikosteroidnya tidak, kalau dokternya bilang rahasia, pindah dokter. Karena dokter tidak pernah merahasiakan obat dari pasien maupun dokter lainnya)
  4. Penyakit (cushing syndrome, ehlers danloss, marfan syndrome dan penyakit lain yang meningkatkan cortisone oleh kelenjar adrenal)

Faktor penguat penyebab

Faktor risiko timbulnya stretchmark:

  1. Wanita. Hehehehu, laki-laki jarang…
  2. Ibu, nenek, tante, keluarga ada yang mempunyai bakat stretchmark
  3. Hamil. Kulit meregang..
  4. Overweight BMI >25, apalagi Obesitas >30
  5. Memakai kortikosteroid (krim kecantikanmu? Cek dulu isinya)

Pencegahan

Utamanya jangan lakukan hal yang menyebabkan dan faktor penguat pendukung penyebab. Tapi beberapa hal lebih penting dari stretchmark, salah satunya hamil. Sehingga pada dasarnya munculnya strecthmark tak bisa dicegah atau dihindari. 

Sebanyak apapun minyak, krim yang anda oleskan tidak bisa mencegah. Hal yang bisa dilakukan ya jangan naikkan berat badan anda sampai berat-berat. Bahkan saat hamil juga ada batasan minimal dan maksimal kenaikan berat badan. 

Hitungan mudah sih 0,5-1 kg tiap bulan naiknya saat hamil. Hitungan spesifik, kontak saya, sampaikan berat anda dan tinggi badan sebelum hamil. Atur gaya makan, dan latihan sesuatu, olahraga maksudnya.

Terapi

Jika sudah terjadi, maka ada beberapa metode penyamaran stretchmark. Penting dipahami, dia akan memudar seiring waktu. Tetapi tidak hilang sempurna. Bisa dibilang, stretchmark tidak perlu obat apa-apa

1. Tretinoin

Krim ini bisa membantu menyamarkan stretchmark, mengencangkan kulit dan kolagen. Efek samping iritasi, dan jangan dipakai saat hamil, menyusui.

2. Laser

Menstimulasi kolagen. Sama prinsip kerjanya.

3. Mikrodermabrasi

Dengan alat, kulit paling atas dikelupas, ditiupkan kristal dan divaccuum. Sehingga merangsang pembentukan kulit baru. Yang lebih elastis.

Mana yang lebih efektif diantara ketiganya? Tidak bisa dijawab. Cocok cocokan. Harganya cocok yang mana, dikulit anda cocok yang mana.

Obat alternative dari ekstrak gotu kola, olive oil, buah, sayur, dan apapun diklaim (oleh penjualnya) bisa menyembuhkan. Tapi pada dasarnya, enggak ada bukti, hanya testimoni. 

Dan jika hanya tesitimoni, saya juga ada testimoni dari seorang yang sudah memakai produk krim yang diiklankan di TV selama 4 bulan, dan tidak berefek apa-apa.

Kesimpulan

Stretchmark karena melahirkan, itu seksi cantik dan indah. Setidaknya untuk saya.

Advertisements
Standard

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s