Ekonomi Sehari-hari

Jadi Vegetarian Itu Salah

Kamu pikir jadi vegetarian itu baik? Karena tidak makan binatang?

Bayangkan…

Ayam. Saat ini jumlah ayam banyak sekali (supply tinggi) karena banyak orang makan ayam (demand tinggi)

Kalau semua orang vegetarian. Maka ayam ga laku. Semua orang ga doyan ayam. (Demand rendah)

Kalau semua ga doyan ayam, ya peternak ayam malas ternak ayam. Ayam punah. Semua malas bikin peternakan ayam. Jumlah ayam menurun drastis (supply rendah).

Jumlah ayam menurun drastis karena ga ada yang mau ternak ayam karena ayam ga laku = Ayam punah = genocida.

Mana yang lebih kejam?

Vegetarian atau Non Vegetarian.

Satu-satunya hal yang membuat vegetarian keliatan keren hanya karena adanya non vegetarian. Kalau semua vegetarian jadinya ya biasa aja. Meaningless.

Ditambah, ayam punah. Semua hewan ternak punah. 

Advertisements
Standard
Ekonomi Sehari-hari

Hutang lagi, kapan lunasnya?

Indonesia hutang luar negeri mencapai 3000 T. Alias 25% dari GDP.

Topik yang berat yah?

Memang. Tapi akan lebih ringan ketika tau ternyata semua negara berhutang. Bahkan dunia berhutang.

Huff… ini semua karena Om John Maynard Keynes. 

Ahli ekonomi yang bertentangan dengan Pakdhe Adam Smith.

Gimana sih bedanya mereka berdua?

Situasi

Di sebuah jalan tol, mobil melaju dengan kecepatan rata-rata. Minimal 60 km perjam. Maksimal 80 km perjam. Lajunya lancar. Inilah kondisi ekonomi sehari-hari. Lancar.

Kemudian ada musibah. Semisal pohon jatuh. Inilah pemicu krisis ekonomi

Musibah selalu terjadi. Tetapi bagaimana mengatasinya?

Cara Om Adam Smith.

Pohon jatuh menutupi jalan. Mobil macet. Inilah krisis ekonomi. Aktivitas berhenti. 

Om adam smith akan menggalakkan semua orang turun dari mobil lalu bersama-sama menyingkirkan pohon dari jalan.

Kelebihan:

Tidak keluar uang untuk singkirkan pohon. Apa adanya

Kelemahan:

Lama selesainya. Bisa juga ga selesai. Om Adam percaya masalah akan selesai dengan sendirinya. Hanya masalah waktu saja.

Cara Om Keynes

Om Keynes akan bikin kebijakan. Ada polisi patroli dijalan tol, dan ada truk derek. Yang dibayar oleh semua pengguna jalan. Ada uangnya ataupun tidak. Kalau ga dibayar, ya ga akan mau patroli, apalagi derek.

Ketika pohon jatuh, langsung polisi patroli tau. Telf derek, angkut pohon. Selesai. Macet hilang, mobil jalan lagi. Ekonomi jalan lagi.

Kelebihan:

Semua masalah selesai dengan cepat

Kekurangan:

Harus bayar derek dan patroli. Sudah terlanjur dinikmati jasa patroli dan derek. Jika tiba-tiba ga ada uang untuk bayar mereka, gimana? Hutang.

Jadi…

Negara kita dan Negara lain seluruh dunia sedang hutang. Hutang pada masa depan.

Hutangnya gede banget, ga bisa dibayar.

Suatu hari utang ini akan diikhlaskan (bail out) karena saking besarnya. Saat itulah semua jadi 0-0. Kaya lebaran.

Itulah saat puncak krisis. Dimana tukang derek dan patroli mogok. Keadaan kacau.

Tapi…

Yang kita ga tau adalah kapan itu terjadi. 

Standard
Ekonomi Sehari-hari

Jika Saya Perencana Keuangan Awkarin, ini Advice saya..

Hubungan perencana keuangan dan Awkarin…


Background

Kita melihatnya dari sudut keuangan. Banyak yang akan aw aw melihat kisah awkarin.

Banyak heboh-heboh terhadap kelakuannya. Tetapi senegatif apapun kelakuannya, banyak yang follow dan mengidolakannya. 

Dengan follower yang banyak, ada dua fakta tersaji:

  1. Banyak orang (terutama yang seusia) sependapat dengannya. Terbukti followernya jutaan.
  2. Monetisasi ketenarannya. Penghasilan mendadak melonjak.

Dari beritagar.id dan media lain ada beberapa yang didapat:

  1. Usia Awkarin 19 tahun saat ini
  2. Penghasilan Awkarin disini dikatakan 32 juta untuk dua hari endorse. Dalam sebulan? 400-500 juta.

Plan!

Kita tau, sesuai hukum alam dan ekonomi. Artis, atlit, seleb beda dengan PNS.

Selebgram seperti Awkarin tak jauh beda. Masa puncaknya tidak lama. Bisa 5-10 tahun menghasilkan seperti sekarang sudah bagus banget.

Kompetisinya berat euy, akan muncul Awkarin-Awkarin baru.

Mari kita kumpulkan data:

  1. Awkarin ingin jadi orang berpengaruh. Dan bersenang-senang terus selamanya
  2. Penghasilannya setahun bisa mencapai 4-5 M.
  3. Usia saat ini 19 tahun, meninggal usia 80 tahun (normalnya, secara statistik). 
  4. Akan redup ketenaran saat usia 24 tahun. (Ini asumsi saja. Bisa salah)

Karena sadar akan hal ini, Awkarin datang kesaya, ingin di plankan keuangannya. Biar bisa bahagia selamanya.

Eksekusi:

Jika saya jadi perencana keuangan Awkarin saya akan menasehati:

  1. Pengeluaran cukup 20% saja rin. 1 M setahun, alias 80 juta sebulan. Cukup kan Rin?
  2. Yang 80% alias 4 M di investasikan. Bisa di reksadana, emas, properti, startup, brand clothing, unitlink, atau apa lah yang Karin suka. Dan anggap aja naik 10% setahun.
  3. Konsisten seperti ini kira-kira pas Karin usia 24, dana tadi jadi 24 M.
  4. Dana yang 24 M tadi, cukup Karin ambil 5% setahun. Sekitar 1,2 M lah ya setahun. Sisanya biarkan, dilanjutkan disitu aja. Biarkan setiap tahun naik 10%. 
  5. Nah, udah deh. Walaupun nanti ga laku lagi pas usia 24 tahun tetep bisa hura-hura selamanya sampai tutup usia. (Moga-moga sih laku terus ya)

Alternatif

Jika tidak melakukan plan diatas, dan tetep hura-hura doang. Ya tergantung banget sama faktor laku apa enggak.

Kalau laku terus sih gapapa. Tapi kalo ga laku lagi (yang tentu saja bisa terjadi), masak mau nangis.

Sudah banyak denger berita, artis bangkrut karena ga laku lagi kan? 

Sekian Rin. Oh ya. Jasa manajemen asset saya 2% pertahun rin. Khusus kamu saya diskon, 1% aja pertahun.

Standard
Ekonomi Sehari-hari

Wow! Negara ini tertinggal jauh dibanding Indonesia!

Ini adalah gambaran dari GDP per Capita antara dua negara. 
GDP

Sebelumnya perlu kita ketahui dulu, ap itu GDP (gross domestic product). GDP adalah total produktivitas Indonesia sebagai sebuah negara. 

GDP indonesia terakhir sekitar 12.000 Triliun setahun. Banyak ya? Peringkat Nomor 16 sedunia. GDP adalah lambang kemakmuran/produktivitas sebuah negara

Tetapi itu dicapai oleh 250 juta rakyat…

GDP PER CAPITA

Kalau GDP adalah jumlah total produktivitas seluruh rakyat indonesia, maka gdp per capita adalah GDP dibagi jumlah penduduk.

Artinya berapa produktivitas satu orang indonesia rata-rata pertahun?

Yaitu sekitar 50 juta rupiah pertahun. (3000-5000 US $)

Nah! Ini ternyata menempati peringkat 100-an dunia.

Jadi, secara negara kita produktif dan potensial, tetapi dari sudut pandang individu kita kurang produktif.

GDP per capita adalah lambang kemakmuran warga negara.

Maksudnya?

Jika anda adalah keluarga dengan komposisi: ayah, ibu dan dua anak. Maka penghasilan gabungan anda sekeluarga minimal 4×50 juta setahun = 200 juta pertahun.

Jika penghasilan keluarga anda dibawah itu, berarti dibawah rata-rata.

Kasus lain, jika anda hanya menghidupi diri sendiri. Penghasilan 50 juta setahun, maka anda pas di rata-rata.

Yuk semangat lagi!

Pakistan

Yup. Itulah negara yang tertinggal jauh dari Indonesia.

Anda lihat di gambar diatas, keadaan kedua negara tidak jauh berbeda. Pada tahun 1960 bahkan “kemakmuran” nya sama.

Pada tahun 2000 barulah Indonesia jauh meninggalkan Pakistan, sampai dengan hari ini.

Peristiwa apa yang terjadi dekat-dekat tahun 2000?

Yap. Reformasi.

Reformasi identik dengan:

  • Kebebasan berpendapat. Semua boleh berpendapat. Bebas. Ga dibredel.
  • Keterbukaan. Semua dibuka. Sehingga boroknya kelihatan
  • Toleransi. Di era Gus Dur, imlek dirayakan.

Masih banyak yang harus dilalui indonesia dan rakyatnya, agar semakin membaik. Tetapi, setidaknya kita sudah dilangkah yang benar, ketimbang negara Pakistan.

Bagaimana menurut pendapat anda?

Untuk artikel lainnya Lihat Disini

Standard
Ekonomi Sehari-hari

Tanya Jawab TAX AMNESTY

Lagi heboh tax amnesty. Jika ada pertanyaan, silakan tanya di komentar. Semoga bisa jawab dengan benar.

Sedikit perlu dijelaskan:

1. Jika sudah rutin lapor SPT Tahunan, dan jujur. Tidak perlu ikut Tax Amnesty.

2. Jika SPT belum jujur, dilakukan pembetulan SPT atau boleh juga ikut tax annesty

3. Jika tidak pernah lapor SPT, atau lain-lain. Maka ikut tax amnesty

Prinsipnya demikian.



Standard
Ekonomi Sehari-hari

Wismilak (WIIM)

Wismilak adalah rokok yang hanya menjual 1.8 Triliun rupiah pada tahun 2015. 

Dengan profit margin 7-8%, labanya pada 2015 hanyalah 120-130 Miliar.

Jauh dibanding salah satu kompetitor, yaitu HMSP, yang penjualannya mencapai 80 T, dan laba 15 T (profit margin 11.5%.

Sementara GGRM mampu melakukan penjualan lebih dari 65 T, profit margin 9% hampir 10 T labanya.

Ini menjadikan Wismilak sebagai rokok yang biasa-biasa saja.

Ilikuid

Saham yang ada dan beredar di publik hanya <5%. 


Sehingga jika sampai membeli saham ini siap-siap memegang selamanya. Tipe saham seperti ini, paling baik berharap dividend yield.

Untuk capital gain, tak bisa terlalu diharapkan.

Performa

Dengan penjualan hanya 1,8 T diantara pasar rokok yang mencapai 200-250 T setahun, maka Wismilak sulit bertumbuh.

Profit margin yang kecil juga membahayakan keberlangsungan perusahaan.

Untuk ROE dan ROA dalam batas wajar. Hutang pun sedikit.

Pada intinya, performanya normal dan wajar. Tak begitu istimewa dan tak terlalu jelek.

Valuasi

Inilah sisi yang menarik. PBV 0,8 dan PER 6. Adalah hal menarik.

Dengan harga 400, laba persaham mencapai 60, sekitar 15% dari harga. Jika minimal dividend yield 5% maka layak dibeli.

Dan ternyata yield dari WIIM adalah 25. Mencapai 6%. Wow.

Lebih tinggi dari deposito.

So?

Standard
Ekonomi Sehari-hari

Dokter Palsu Beredar

Kasus vaksin palsu mengagetkan banyak orang. Semua marah.

Kemudian Pak Rhenald Khasali mengingatkan tentang banyak hal palsu di negara kita. Hampir semua hal dipalsukan.

Bahkan banyak dokter palsu.

Dokter Palsu

Ya. Tidak salah. Dinegara kita banyak dokter palsu, yang beredar luas, dan dipakai oleh banyak pasien.

Dokter adalah seorang yang secara legal lulus dari fakultas kedokteran dan dalam pekerjaannya melakukan:

  • Penggalian data subyektif (anamnesis)
  • Penggalian data obyektif (pemeriksaan)
  • Menemukan kesimpulan (diagnosis)
  • Memberikan terapi

Dokter palsu melakukan hal-hal diatas, walaupun bukan dokter.

Nah…

Seperti halnya musisi dan pencipta lagu, yang lagu-lagunya dibajak dalam cd dan mp3 palsu.

Maka saat ini muncul dokter palsu dimana-mana. Memberikan pelayanan selayaknya dokter, dengan kualitas bajakan.

Namanya dokter palsu, tentu saja kualitasnya tidak sebaik dokter asli. Bisa dikatakan buruk dan berbahaya.

Namanya mp3 palsu dan bajakan, maka kualitasnya tidaklah seperti mp3 original.

Melenyapkan dokter palsu

Perlu dipahami, bahwa kehadiran dokter palsu dan bajakan, membawa kerugian. Bagi masyarakat.

Jika vaksin palsu saja membuat banyak pihak terancam bahaya. Bagaimana jika dokternya palsu, abal-abal dan bajakan?

Bahaya yang nyata tentu mengancam. Inilah kenapa dokter palsu perlu dilenyapkan.

Bagaimana caranya?

Anarkis tentu bukan solusi, walaupun sanksi dan hukuman juga bukan cara yang membuat jera.

Hukum ekonomi

Musisi mengambil sikap, dengan membiarkan musiknya bebas didonlod dan didengarkan semua orang.

Kemudian musisi mendapat bayaran/hidup dari hal lain, semisal konser.

Konser tak dapat dibajak. Musik yang disediakan gratis oleh musisi juga tentu mematikan pembajak. Tak ada yang mau membajak barang gratis.

Konsumen pun memilih yang original, sama-sama gratisnya. Dengan kualitas lebih baik. Konsumen diuntungkan.

Inilah konsep freemium. Memberikan layanan free dan menarik bayaran terhadap sesuatu yang lain.

Seperti halnya matinya industri musik bajakan dengan cara musisi memberi gratis musiknya, maka dokter asli dan masyarakat dapat melenyapkan dokter palsu dengan taktik freemium ini.

Berikan konsultasi semurah (gratis, sukarela) seperti halnya dokter palsu.

Maka dokter palsu yang membahayakan masyarakat akan punah dengan sendirinya. Pasien tentu akan memilih dokter yang asli.

Darimana dokter mendapat jasa? Tentu bisa dipikirkan lebih lanjut. Walaupun pada beberapa dokter dengan keahlian tertentu, sudah dapat dilakukan saat ini.

Semisal operasi. Dokter palsu tentu tak dapat memberikan layanan ini.

Untuk dokter yang tidak melakukan operasi? Jaringan rekam medis antar dokter, bisa menjadi jawaban.

Jejaring dokter dan jejaring pasien

Rekam medis yang terkoneksi antar dokter (dengan izin pasien) membuat riwayat seorang pasien lebih jelas. Lebih mudah menentukan diagnosis dan terapi bagi pasien. Termasuk semua riwayat dan pemeriksaan yang dimiliki pasien.

Ini bagaikan semua dokter bekerja dalam satu rumah sakit. Dan semua pasien periksa ke rumah sakit tersebut. Sehingga datanya lengkap, tak tercecer.

Pasien tentu akan mengizinkan rekam medisnya dilihat dokter lain. Sepanjang hal tersebut memberikan yang terbaik untuk dirinya.

Dengan data yang terintegrasi, maka akan terjadi efisiensi. Pasien tak perlu melakukan pemeriksaan penunjang tak perlu berulang-ulang. Atau berulang mendapat diagnosis yang sama dan tak kunjung sembuh.

Jejaring dokter tentu bermanfaat memusnahkan dokter palsu, sekaligus meningkatkan pelayanan kepada pasien.Karena yang dokter benarlah dokter, asli.

Rekmed )

Standard