Dokter, Ekonomi Sehari-hari

Kenapa kudu pake RM elektronik?

Awal mulanya adalah, saat saya menjalani praktik. Dan ingin membuka praktik pribadi.

Tulisan jelek

Saya merasa tulisan saya jelek. Kadang bahkan saya sendiri tak dapat membacanya. Apalagi orang lain?

Sempat mengalami pernah nulis RM tapi diri sendiri ga bisa baca? Atau apotek telfon karena resep ga jelas?

Nunggu status ketemu itu lama

Pasien sudah daftar. Tapi cari status tak kunjung ketemu. Pasien menunggu lama, menunggu status turun.

Atau, kalau tidak mau lama… Pasien didaftar dengan status baru. Sehingga riwayat pemeriksaan hilang. Anamnesis lagi dari baru.

Pasien marah

Karena status lama, sehingga antrian pasien kadang tersalip. Timbul ketidakpuasan. Kadang yang disalahkan, dokternya.

Karena dokter dianggap penanggungjawab. Walaupun sebenarnya direktur posisinya lebih atas, tetapi dokter adalah orang utama dalam pelayanan. Puas tidaknya pasien ditentukan oleh dokter. Kira-kira demikian.

Belum ada RM online

Saat saya menghadapi masalah RM ini, entah itu ketidaknyamanan, sering hilang, terselip, antrian lewat, tulisan tak terbaca dll. Saya berniat memakai RM elektronik.

Tetapi kebanyakan RM elektronik itu mahal. Paket termurah adalah 4 juta setahun.

(Karena setiap program perlu update dan garansi hanya 1 tahun)

Solusi

Karena itulah, karena belum ada yang murah dan mudah. Saya dan tim membuat ini untuk saya. Untuk dokter. Untuk kemudahan pelayanan kepada pasien.

RM elektronik kami buat online. Sehingga mengaksesnya semudah sosial media.

Daftar dan Login disini http://rekmed.com/app/web/site/login

Standard
Dokter, Ekonomi Sehari-hari

Rekam Medis Online GRATIS

Malam dokter!

Sudah kewajiban seorang dokter untuk mencatat aktivitas perekaman pasien dalam bentuk rekam medis.

Selama ini, dokter merekam medis melalui kertas. Padahal Undang-Undang sudah mempersilakan rekam medis elektronik.

Tetapi rekam medis elektronik harganya mahal. Sehingga tidak semua dokter dapat membeli. Harga rekam medis elektronik bisa mencapai 20 juta untuk sekali instal. 

Sementara rekam medis kertas: mudah hilang, terselip, rusak, dobel-dobel dan juga mahal. Satu lembar rekam medis, setidaknya 5000 rupiah perpasien.

Rekam medis online

Bersama artikel ini, saya dan team, kedepan akan meluncurkan rekam medis online gratis.

(Jika pun membayar, harganya lebih murah dari rekam medis kertas maupun instal)

Jika anda berpraktek pribadi, atau klinik ini adalah produk yang tepat untuk di pakai.

Dengan modal hp, tablet atau laptop yang terkoneksi internet, maka dokter dapat mengakses rekam medis dimanapun. Dengan username dan password. Seperti saat mengakses sosial media.

Kemudahan operasi

 Untuk pengoperasian semudah mengoperasikan sosial media. Hanya tinggal akses internet, daftar dan log in.

Alamat rekmed

Untuk mendaftar dan login bisa berkunjung ke sini http://rekmed.com
  

Terimakasih, semoga bermanfaat bagi dokter sekalian.

Standard
Dokter

Stretch Mark bisa hilang?

Strecth Mark tidak mengganggu kesehatan, tetapi mengganggu pandangan. Kira-kira demikian.Bahkan bisa mengganggu percaya diri bunda bunda sekalian.

Semoga, diakhir artikel berubah menjadi kebanggaan (karena tidak berbahaya untuk kesehatan) malah menjadi penanda kesuburan pernah melahirkan. Dan bukan hal memalukan. Go stretchmark Go!

Stretchmark atau garis garis yang muncul setelah melahirkan, berwarna merah atau ungu, pada perut, payudara, lengan, pantat, dan paha lama kelamaan menjadi abu abu atau putih. Mulai muncul dipertengahan kehamilan sampai setelah melahirkan. Dan….. tidak bisa dihilangkan hanya bisa disamarkan (sedikit). 

Iklan-iklan yang mengatakan bisa menghilangkan, hanya akan menguras dana anda. Hehehehe. Buat saya stretchmark itu sexy.


Penyebab

Yang menganggap stretchmark adalah buah kemalasan (kurang mandi, kurang bersih dan kurang berolahraga) berarti beliau kurang cerdas dan malas membaca. 

Strecthmark ditimbulkan oleh cortisone, yang dihasilkan kelenjar adrenal. Cortisone ini yang melemahkan kolagen kulit. Stretchmark muncul berbarengan dengan beberapa kondisi:

  1. Hamil
  2. Berat badan naik
  3. Pemakaian obat (kortikosteroid >> cek krim kecantikanmu, tanya ke dokternya ada kortikosteroidnya tidak, kalau dokternya bilang rahasia, pindah dokter. Karena dokter tidak pernah merahasiakan obat dari pasien maupun dokter lainnya)
  4. Penyakit (cushing syndrome, ehlers danloss, marfan syndrome dan penyakit lain yang meningkatkan cortisone oleh kelenjar adrenal)

Faktor penguat penyebab

Faktor risiko timbulnya stretchmark:

  1. Wanita. Hehehehu, laki-laki jarang…
  2. Ibu, nenek, tante, keluarga ada yang mempunyai bakat stretchmark
  3. Hamil. Kulit meregang..
  4. Overweight BMI >25, apalagi Obesitas >30
  5. Memakai kortikosteroid (krim kecantikanmu? Cek dulu isinya)

Pencegahan

Utamanya jangan lakukan hal yang menyebabkan dan faktor penguat pendukung penyebab. Tapi beberapa hal lebih penting dari stretchmark, salah satunya hamil. Sehingga pada dasarnya munculnya strecthmark tak bisa dicegah atau dihindari. 

Sebanyak apapun minyak, krim yang anda oleskan tidak bisa mencegah. Hal yang bisa dilakukan ya jangan naikkan berat badan anda sampai berat-berat. Bahkan saat hamil juga ada batasan minimal dan maksimal kenaikan berat badan. 

Hitungan mudah sih 0,5-1 kg tiap bulan naiknya saat hamil. Hitungan spesifik, kontak saya, sampaikan berat anda dan tinggi badan sebelum hamil. Atur gaya makan, dan latihan sesuatu, olahraga maksudnya.

Terapi

Jika sudah terjadi, maka ada beberapa metode penyamaran stretchmark. Penting dipahami, dia akan memudar seiring waktu. Tetapi tidak hilang sempurna. Bisa dibilang, stretchmark tidak perlu obat apa-apa

1. Tretinoin

Krim ini bisa membantu menyamarkan stretchmark, mengencangkan kulit dan kolagen. Efek samping iritasi, dan jangan dipakai saat hamil, menyusui.

2. Laser

Menstimulasi kolagen. Sama prinsip kerjanya.

3. Mikrodermabrasi

Dengan alat, kulit paling atas dikelupas, ditiupkan kristal dan divaccuum. Sehingga merangsang pembentukan kulit baru. Yang lebih elastis.

Mana yang lebih efektif diantara ketiganya? Tidak bisa dijawab. Cocok cocokan. Harganya cocok yang mana, dikulit anda cocok yang mana.

Obat alternative dari ekstrak gotu kola, olive oil, buah, sayur, dan apapun diklaim (oleh penjualnya) bisa menyembuhkan. Tapi pada dasarnya, enggak ada bukti, hanya testimoni. 

Dan jika hanya tesitimoni, saya juga ada testimoni dari seorang yang sudah memakai produk krim yang diiklankan di TV selama 4 bulan, dan tidak berefek apa-apa.

Kesimpulan

Stretchmark karena melahirkan, itu seksi cantik dan indah. Setidaknya untuk saya.

Standard
Dokter

USG saat Hamil

Ultrasonografi atau USG sudah sering didengar, dan dilakukan. Harapan pasien/bunda sekalian tentu saja USG menjadi hal ampuh untuk mengetahui semua yang ada pada janinnya.

Bunda-bunda dan calon bunda sekalian mungkin sudah sering mendengar atau bahkan di USG. Seringnya untuk melihat hamil atau tidak, jenis kelamin, kondisi debay sehat, lengkap atau tidak. Berikut sedikit saya rangkum, apa yang bisa dilihat USG pada kehamilan. Setiap usia kehamilan, memberi hasil yang berbeda.
Nah, sebenarnya apa saja yang bisa dilihat dengan USG?

1. USG Awal kehamilan

Beberapa ibu hamil mempunyai pilihan untuk USG nanti-nanti saja, saat sudah hamil tua. Misal, ingin kejutan atau alasan lain. Tetapi sebenarnya USG awal kehamilan diperlukan, karena ada hal-hal yang lebih akurat diperiksa saat ini. Maksimal dilakukan sebelum 15 minggu kehamilan. Setidaknya satu kali ya bund.

Apa yang dilihat?

  • usia kehamilan dengan akurat. Yup, pada usia inilah anda bisa bertanya dan mendapat info paling akurat, kapan perkiraan bayi anda lahir, berapa usia bayi anda saat ini.
  • viabilitas atau kesejahteraan janin anda. Tentu saja bukan organ lengkap yang dilihat, karena bisa jadi belum sempurna, tetapi gerakan dan denyut jantung mulai terlihat setelah 8 minggu atau 2 bulan usia kehamilan
  • jumlah bayi, apakah satu (normalnya), kembar atau lebih dari dua.
  • beberapa ketidaknormalan janin (tidak semua) dapat dilihat. Diantaranya kecurigaan Down Syndrome pada usia 10-14 minggu
  • Posisi janin didalam atau diluar rahim

Nah, jadi itu yang bisa dilihat di USG Awal Kehamilan. Oh ya, di USG Awal akan lebih akurat menggunakan USG Transvaginal dibandingkan Abdominal (perut).

Catatan untuk dokter (termasuk saya pribadi). Di usia <13 minggu, usia kehamilan paling akurat menggunakan CRL, setelah lewat 13 minggu menggunakan BPD, HC atau FL

2. USG 20 minggu kehamilan

Yup. Inilah mungkin saat yang ditunggu-tunggu. Setelah kehamilan berusia tepat 20 minggu atau setidaknya 19-21 minggu, maka organ telah terbentuk sempurna. Sehingga dapat dilakukan survei janin dari kepala sampai kaki. 50% kelainan pada janin, dapat dideteksi saat usia kehamilan 20 minggu. Tidak 100% ya… Artinya, jika ternyata dari Scan USG 20 minggu janin anda dikatakan sehat dan normal, maka ada sedikit kemungkinan kenyataannya tidak normal.

Seringnya kondisi bayi itu sehat dan normal. Sesuai harapan orangtuanya. Tetapi terkadang, ada janin yang memiliki masalah. Sekitar 97% bayi akan normal, kelainan minor dan 3% memiliki kelainan mayor.

Apa yang dilihat? (Lebih banyak tentu saja)

a. Usia kehamilan diukur kembali.

Catatan untuk saya: BPD, HC dan FL adalah tiga hal yang dipakai, AC optional

b. Normalitas janin

Catatan untuk kami:

  • kepala: bentuk, struktur dalam: cavum pellucidum, cerebellum, ukuran ventrikel <10 mm
  • tulang belakang
  • bentuk abdomen dan isinya sesuai level ketinggian, juga renal dan umbilikus
  • renal pelvis <5 mm AP
  • axis longitudinal – diafragma dan kandung kencing
  • dada, fourchamber view
  • lengan – tiga tulang, tidak bisa menghitung jari
  • kaki – tiga tulang, tidak bisa menghitung jari

Kelainan yang dapat dilihat pada usia 20 minggu

  • nuchal pad, normalnya <5 mm
  • ventrikulomegali (normalnya kurang dari 10 mm)
  • Echogenic bowel, seperti tulang echogenic nya.
  • Bentuk kepala. 
  • Sisterna magna (normal 5 mm
  • short femur/humerus
  • talipes
  • sandal gap
  • clinodactyly
  •  clenched hand
  • two vessel cord

c. Kadang-kadang dapat diperiksa tambahan. Yaitu aliran darah jantung, wajah,dan bibir.

Untuk orangtua, bunda-bunda dan ayah sekalian, dibawah ini ada daftar kelainan bayi mayor yang bisa dilihat saat USG:

  • Spina bifida. Tidak menutupnya tulang belakang. Kemungkinan terlihat melalui USG 90%
  • Anencephaly. Tidak adanya tulang kepala. 99% dapat terlihat.
  • Hydrocephalus. Kelebihan cairan otak. 60% dapat terlihat.
  • Kelainan mayor jantung, hanya 25% yang terdeteksi lewat USG
  • Hernia diafragma. Lubang dibatas antara dada dan perut. 60% terlihat.
  • Exomphalos dan gastroshcisis. Lubang pada dinding perut, menyebabkan isi perut berada diluar tubuh. 90% terlihat.
  • Masalah ginjal mayor. Tidak adanya ginjal, atau abnormal. 85% dapat terlihat.
  • Masalah tulang kaki dan tangan (bukan jari). Tidak ada tulang, atau tulang pendek. 90% terlihat. Jari-jari tidak dapat terlihat dengan USG secara pasti.

Tambahan:

  • Cerebral palsy dan Autisme tidak dapat dilihat dengan USG. Sama sekali.
  • Sindrom Down. Kadang bersamaan dengan kelainan jantung dan usus. 40% dapat terlihat.

Kemudian, untuk jenis kelamin tidak selalu dapat terlihat. Jika terlihat akurasinya mencapai 95%. Jika anda mendapati kelainan pada USG, janganlah panik, mengingat akurasinya yang tidak 100%. Terkadang diperlukan USG atau Scanning ulang.

Catatan: USG pada akhir kehamilan, tidak saya ulas pada artikel kali ini, karena berbeda tujuan. USG pada akhir kehamilan terutama untuk menyiapkan persalinan, kurang akurat dan kurang tepat serta mungkin terlambat untuk melihat kelainan janin.

sumber: RCOG guideline

Standard
Dokter

Apa itu BO alias Blighted Ovum?

Ibu-ibu tersayang. Dan calon ibu.

Mungkin sering mendengar istilah BO alias Blighted Ovum?

Apa itu?

Itu adalah diagnosis dari dokter spesialis kandungan (SpOG) dimana terjadi kehamilan yang tidak sehat.

Seharusnya, kehamilan itu berisi kantong kehamilan/gestasional sac dan Bakal Janin.

Pada BO, hanya terbentuk kantong kehamilan saja, tanpa bakal janin. 

Apakah ini artinya ibu tidak hamil?

Ibu tetap hamil. Tetapi kehamilannya sendiri bukan kehamilan yang sehat.

Sehingga kehamilannya tidak berkembang.

Tapi kenapa saya BO? Apa penyebab BO?

BO kemungkinan besar kelainan genetik. Entah dari sperma ayah, atau ovum Ibu. Kita tak tau karena sperma dan ovum acak. Tak bisa memilih. Sehingga tak bisa dicegah.

Kejadian BO meningkat seiring usia. Semisal sudah diatas 35 tahun, akan lebih sering kejadian. Tetapi, tidak semua ibu diatas 35 tahun akan hamil BO. Bisa juga normal.

Gejalanya gimana?

Ngeflek atau perdarahan, disertai mulas pada kehamilan muda. Kurang dari 3-4 bulan.

Lalu di USG tampak kantong kehamilan tanpa bakal janin.

  
Lalu bagaimana?

Jika diagnosis BO sudah pasti. Maka jalan satu-satunya adalah dikeluarkan produk kehamilannya. Biasanya dengan dilatasi dan kuretase.

Jika telah pasti BO, maka kehamilan tak dapat dipertahankan.

Kedepannya bagaimana?

Jarang sekali BO berulang. Seringkali hanya terjadi sekali, untuk kehamilan berikutnya normal. Jadi tak perlu khawatir berlebihan.

Kesimpulan

Jika dicurigai BO, dokter akan menyarankan USG ulang untuk memastikan bahwa itu benar BO. Jika telah pasti BO, akan dikuret.

Kedepannya, tidak perlu kawatir berlebihan. Jika sampai keguguran berturut-turut, kemungkinan ada penyebab lainnya.

Jangan lupa konsumsi asam folat tiga bulan sebelum hamil, untuk semua wanita yang akan bersiap hamil.

Standard
Dokter

Berapa Gaji Dokter?

Apakah biaya kesehatan mahal karena dokter? Mari kita lihat..


Berapa sebenarnya gaji dokter?

Dokter dihargai dengan jasa medis. Yaitu jika ada tindakan atau pelayanan medis yang dilakukan dokter maka dokter mendapat sejumlah jasa dari tindakan profesionalnya.

Jika seorang dokter tidak melakukan tindakan atau pelayanan maka tidak mendapat jasa. Fee for service. 

Saat ini memang ada bentuk lain yaitu kapitasi. Bukan berdasar layanan tetapi berdasar cakupan. Tetapi baru sebagian saja.

Jadi berapa dong?

Jika anda sakit, semisal usus buntu. Dan memerlukan operasi, semisal habis 5 juta rupiah.

Maka yang didapatkan dokter bedah adalah kira-kira 10-15% dari uang tersebut. Atau ya kira-kira 500-750 ribu.

Rumahsakit adalah tempat kerja padat karya. Roda operasional rumah sakit adalah SDM (Sumber Daya Manusia). 

Untuk menangani satu pasien usus buntu yang memerlukan operasi, maka dibutuhkan doker bedah, dokter bius, asisten-asisten operasi, perawat, apoteker, cleaning service, satpam, petugas admin, pramusaji, dll.

Yang kesemuanya memerlukan biaya. 

Selain SDM diperlukan juga alat dan prasarana. Seperti monitor, obat, ruang operasi, kamar, tempat tidur, dll. Yang kesemuanya juga memerlukan biaya.

Nah, jadi udah paham dong ya..

Jika kali lain anda mendapat tindakan di rumah sakit atau klinik, dan membayar sejumlah uang, itu tidak kesemuanya untuk dokter. Tetapi untuk menghidupi kesemua pihak yang terlibat didalamnya. Termasuk pemilik rumah sakit.

Rumah sakit memang sebuah sociopreneur. Tidak semata-mata bisnis. Dokter pun sering membebaskan biaya. Tetapi karena hanya 10-15% dari biaya, seringnya masih terasa mahal.

Jika pasien digratiskan semua, maka kelamaan rumah sakit tutup, tidak dapat memberikan pelayanan lagi.

Rumah sakit tetap harus dibayar, entah oleh perseorangan ataupun oleh pemerintah melalui APBN.

Kira-kira demikian. Untuk pelayanan kesehatan yang berkesinambungan.

Jadi berapa gaji dokter?

Tergantung dari jumlah pasien yang ditangani. Jika tak ada pasien, ya tidak ada jasa yang didapatkan.

Dan dokter biasanya sudah menghabiskan waktu sd usia 25-30 tahun untuk mempelajari kedokteran.

Jika dokter menyambi usaha, maka dikhawatirkan fokus ke pasien berkurang, terbagi, tidak baik untuk pasien juga.

Sehingga memang jasa dokter tetap perlu dihargai. Supaya dokter bisa fokus memperbaiki ilmunya demi pasien dan tidak nyambi-nyambi dagang.

Standard
Dokter

Terlahir sebagai dokter

Akhir-akhir ini saya merasa saya terlahir memang menjadi seorang dokter.

Tumbuh bersama Macgyver dan Tintin, cita-cita saya tentu saja wartawan.

Wartawan menurut saya saat kecil adalah orang yang tugasnya berpetualang. Dan memecahkan masalah.

Sementara setelah besar, ternyata baru tahu bahwa wartawan tugasnya mencari berita.

Superhero saya adalah mereka berdua. Karena dua-duanya manusia biasa, tanpa kemampuan terbang, atau kebal senjata.

Sebelum mereka berdua, idola saya adalah Ryu dari Street Fighter, sebelum akhirnya pada kelas 6 SD saya berkesimpulan tenaga dalam mengeluarkan api adalah omong kosong.

Dokter kecil tentu saja tak pernah ada dalam masa kecil saya.

Cita-cita terakhir saya sebelum masuk fakultas kedokteran adalah menjadi software engineer. Masuk ITB. Karena dengan jadi software engineer, saya bisa bikin Game Street Fighter yang ada Gatot Kaca nya.

Karena sesuatu dan lain hal, yang terutama adalah kenaifan. Masuklah saya ke fakultas kedokteran. Yang sepanjang perjalanan kuliahnya tidak saya sukai.

Karena menurut hati kecil saya, bukan passion saya.

Bahkan disemester 6 berencana pindah jurusan ke komunikasi atau jadi entrepreneur saja.

Tapi, sekarang saya menikmati menjadi dokter. Jika tidak bekerja malah bingung akan berbuat apa?

Passion adalah omong kosong. Kecintaan terhadap sesuatu tidak tiba-tiba datang dari hati.

Tetapi passion timbul dari sebuah proses yang membuat kita mampu melakukan hal bermanfaat bagi orang lain. Lalu bersemangat melakukannya.

Yah setidaknya sampai saat ini masih seperti itu, jika besok berubah, siapa yang tahu?

Standard